Enterpreneurship

Tip Memulai Usaha (Jangan mikir tapi actions)..

Tip Memulai Usaha (Jangan mikir tapi actions)

semua usaha sama tipsnya tergantung kita mau memulainya seperti apa. seperti yang di omongin bob sadino Orang pintar biasanya banyak ide, bahkan terlalu banyak sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sementara orang ‘goblok’ mungkin hanya punya satu ide, dan satu ide itulah yang menjadi pilihan usahanya.

Berhubung saya usaha bergerak di bidang cuci motor makanya saya cuman share tentang usaha cuci motor itu sendiri, tapi intinya si sama untuk semua jenis usaha. pertama juga saya bingung mau memulai usaha dari mana. kalo ada yang berkata usaha ga butuh modal itu bohong gan, lah emang mikir sama berdoa bukan modal hehehe just kidding ya…tapi saat ini usaha cuci motor ane sudah ane hibahin ke temen ( dibeli maksudnya). berhubung saya ga bisa nungguin usaha tersebut setiap hari,

kelamaan ya mau berbagi tips aja sumary nya 2 jam hehehe..

https://inhulhadi.files.wordpress.com/2013/10/2cc10-cucimtor.jpg

Lokasi yang tepat
Lokasi yang tepat merupakan faktor penting yang mendukung lancarnya usaha cuci mobil dan motor. Lokasi ini tidak harus disuatu tempat yang “TIDAK ADA SAINGAN” atau hanya sendirian saja, tapi justru kalau bisa di sebuah jalan yang disana sudah banyak pesaing sesama usaha cuci mobil dan motor. Lokasi yang baik dan bagus akan mengurangi biaya marketing. Buatlah PLANG atau SPANDUK yang besar dan MENARIK PERHATIAN, yang mudah dibaca dan diingat oleh target pasar.

Promosi dan Komunikasi yang Menarik
Hampir semua orang di level ekonomi manapun sangat menyukai program promosi. Orang juga cenderung mau mencoba sebuah jasa (cuci mobil dan cuci motor) apabila ada promosi yang menarik. Lakukan komunikasi yang berbeda dengan pesaing anda. Buatlah promosi yang membuat orang penasaran. Misalnya dengan undian, atau hadiah kejutan, atau kreatifitas lain….

Suasana Tunggu Usaha cuci mobil dan motor yang Nyaman
Aturlah agar tempat usaha cuci mobil dan motor anda senentu saja, desain harus disesuaikan dengan target pasar yang anda bidik. Sediakanlah makanan kecil dan minuman ringan agar pelanggan yang menunggu dapat menikmati makanan dan minuman. Dan asiknya, ini tidak harus gratis. Hehehehe…ada tambahan dari jualan makanan ringan dan minuman. Pastikan ada koran, majalah atau televisi, musik agar tidak membosankan.

kualitas hasil cuci mobil dan motor anda harus terjamin
Pelanggan tentunya akan datang kembali, dan kembali dan kembali lagi bila kualitas jasa yang anda berikan dapat memenuhi ekspektasi mereka. Jadi anda harus dapat memastikan bahwa hasil cuci di tempat usaha cuci mobil dan motor anda sangat baik dan bersih. Pastikan setiap petugas cuci anda bekerja dengan standar yang anda tentukan.

Pelayanan yang Sangat Baik (Service Excellent)

Pelanggan di masa kini ini sangat memperhatikan pelayanan ini. Bahkan dibeberapa literatur menyebutkan bahwa pelayananlah yang membuat usaha anda berbeda dan sulit dicontoh. Untuk itu, anda harus benar-benar melatih seluruh karyawan anda agar benar-benar mengerti soal service excellent ini. Service yang baik bukan sekedar memberikan senyuman, tapi harusmemberi solusi bagi pelanggan. Buatlah standar keramahan yang unik di tempat usaha cuci mobil dan motor anda darimulai greeting, hingga proses pelayanan yang cepat dan praktis. Ucapan terimakasih sangat penting untuk mengakhiri pelayanan.
Selamat mencoba semoga sukses!!!

nah itu sedikit tip dari saya..
setelah cucian motor dijual hasil yang saya dapet akhirnya buat usaha yang lain tapi masih seputar cuci motor tepatnya saya menjual konsentrat shampo ( untuk cuci steam, pembersih jamur kaca mobil, super pell, sabun tangan, pewangi pakaian dll)

jangan banyak mikir gan ayo di mulai….jangan takut rejeki sudah ada yang ngatur ko..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s