Keislaman

Belajar dari kesalahan

Belajar dari kesalahan…terdengar mudah untuk diucapkan tetapi sesungguhnya sulit untuk dilakukan. Dalam dunia trading, kesalahan dalam mengambil posisi (buy/sell) pasti pernah dilakukan oleh seorang trader,hanya saja persoalannya adalah bagaimana menyikapi atas kesalahan tersebut. Evaluasi atas kesalahan tersebut dilihat dari alasan apa yang menyebabkan kita mengambil posisi tersebut. Apakah keadaan market sudah mendukung sesuai dengan alat analisa atau indikator yang dipakai atau hanya berdasarkan feeling saja? Secara pribadi,penulis sering mengalami pengambilan posisi hanya berdasarkan feeling bukan berdasarkan indikator yang ada, yang tentu saja berakhir dengan loss.
Kesalahan lainnya adalah penulis dalam trading adalah over trade (terlalu banyak op), disebabkan oleh penggunaan metode scalping, scalping merupakan metode yang paling beresiko, walaupun dengan metode ini dapat memberikan rasio profit yang besar dalam waktu yang singkat, tetapi metode ini juga dapat menghabiskan equity dalam sekejap.
Target profit yang terlalu tinggi merupakan kesalahan lain yang dilakukan oleh penulis, target profit yang tinggi disebabkan oleh adanya keinginan untuk mengembalikan kerugian sebelumnya dalam waktu yang singkat. Ambisi profit yang besar diwujudkan dengan penggunaan volume size yang besar pula yang tentu saja diikuti dengan resiko yang tinggi pula. Idealnya target profit ditetapkan tidak terlalu besar atau paling tidak target profit yang ditetapkan tersebut bersifat logis dan wajar, misalnya 5% – 10% dari equity, target yang utama adalah profit yang konsisten.
Kesalahan lain yang penulis lakukan adalah tidak adanya trading plan/rencana bisnis yang menjadi rule/aturan dalam menjalani trading, trading rule ini dipergunakan sebagai pedoman saat kapan harus entry dan exit pada suatu pair. Dengan trading plan ini dapat menjadi acuan dalam mengatur money management atau risk management sehingga jalannya trading dapat lebih terarah dan menyenangkan.
Kesalahan-kesalahan yang telah penulis ungkapkan di atas merupakan penyebab kegagalan yang penulis alami sehingga penulis berupaya untuk memperbaiki proses trading yang sedang dijalankan..dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa yang akan datang.
(Inhul hadi, SE, M.Si. Pematang Reba, 29 agustus 2015, pukul 12.35 wib). Mulai trading November 2013 s/d sekarang, masih newbi di dunia forex)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s