Artikel Bebas

Sekelumit cerita dari Cikarang

 

pim 2

Rame… heboh,  begitulah suasana yang kami rasakan saat mengikuti diklat PIM (Public Information Management) Angkatan II di BPPTIK Kominfo Cikarang Jawa Barat pada tanggal 30 mei s/d 3 juni 2016. berkumpul dan berkenalan dengan Teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia,..Aceh,karo, batam, jakarta, sangihe, jambi, manado, kalimantan, sulawesi, papua, NTT, NTB, dan lainnya.

Diklat ini diselenggarakan oleh menkominfo RI bekerjasama dengan KOICA Korea.
Diklat ini mengajarkan tentang pengelolaan informasi oleh badan publik berikut dengan undang undang dan peraturan yang mengaturnya.

Pada awal pelaksanaan memang terasa membosankan karena lokasi diklat yang jauh dari keramaian, jangankan untuk tempat hiburan, untuk tempat membeli keperluan pribadi saja tidak ada. Namun hal itu pulalah yang membuat kedekatan antara kami sesama peserta.. Di sela sela waktu istirahat kami dapat bercerita pengalaman dan bersenda gurau.

Masih terngiang bunyi suara bell dan pengumuman.. “ting tong… Diberitahukan kepada peserta dan instruktur, makan malam telah tersedia di kafetaria” begitu bunyinya..lucu memang, untuk makan saja harus di panggil-panggil, terang saja kalau pengumuman diabaikan bisa-bisa jatah makan habis oleh peserta yang sudah “kebelet” makan… Hehehe..

Pernah aku terlambat masuk ke kelas gara gara habis sarapan nyambung tidur lagi (yach.. Hobinya tidur sich, di kelas aja tidur.. Hehe), walau dengan sedikit malu aku beranikan saja diri ini masuk, walau diiringi pandangan heran instruktur dan teman-teman.
Dalam mengikuti diklat ini aku berusaha seserius mungkin,, saking seriusnya, mata kadang kala sering tertutup sendiri… Hehe. Memang agak ribet dengan disiplin waktu masuk ke kelas… Waktu “break” kadang tak cukup hanya untuk menghabiskan rokok sebatang.. Tanpa tedeng aling aling panitia sering menyuruh masuk lagi ke kelas, katanya ada pengawas dari korea di kelas yg pake baju kotak kotak (kayak jokowi gitu lho… Hehe).
Materi demi materi kami pelajari, mulai dari membahas undang undang no 14 tahun 2008, Undang undang ITE, Undang undang pelayanan publik, sampai dengan teknis pengelolaan informasi publik, yang disampaikan oleh narasumber dari kominfo, Komisi Informasi, LAN, dan praktisi IT. Banyak pengalaman dan pengetahuan yang aku dapatkan selama mengikuti diklat ini…

Yang tak kalah menariknya, di tempat diklat ini juga disediakan fasilitas oahraga yang dapat digunakan oleh peserta pelatihan seperti basket, badminton, tenis meja, futsal, dan ruang fitness (belum ada alatnya… Hehe).

Tanpa terasa waktu lima hari kami lalui dengan segala suka duka dan ceritanya, kegiatan ini ditutup dengan acara malam keakraban, diisi dengan pesan dan kesan peserta, menyanyi dan berjoget bersama.. Pokoknya asyik dech..

Oh iya… Saking masih belum puasnya bernyanyi di malam keakraban tersebut, malam esoknya aku bersama beberapa teman berkaraoke ria bersama di Inul Vizta cikarang, hehe… sampai serak suara dan berkeringat badan, pokoknya puasss dech. Ya.. Iuran bareng dong sewa roomnya (ada yg nggak iuran nggak yach?!.. Hehe).

Diklat seperti ini memang selalu meninggalkan sejuta cerita yang akan menjadi goresan panjang perjalanan dalam meniti karir dan pengembangan diri, yang suatu saat ini akan menjadi nostalgia dan kenangan yang manis untuk di ingat.

Diklat ini menyisakan sebuah kenangan yang tak akan hilang dalam ingatan. Persaudaraan dan silaturahmi yang telah terjalin antara kami akan tetap ada walaupun telah kembali ke daerah masing-masing.

Bersyukur ada group WhatApp yang bisa menjadi media komunikasi antara kami, walau hanya sekedar say hello, bercanda, bercerita nyeleneh,.. de el el..

Sukses selalu buat teman-temanku semua…

I hope we will keep in touch each other… i love u all.

By. Inhul Hadi

 

3 respons untuk ‘Sekelumit cerita dari Cikarang

  1. Hari ini, Jumat 10 Juni 2016. Tak terasa sudah seminggu kita meninggalkan BPPTIK Cikarang. Pada hari itu, ketika hari mulai beranjak sore, detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam hingga esok hari pun tiba, satu demi satu peserta meninggalkan dormitory A da B, untuk kembali ke daerah asalnya…

  2. Aamiin, semoga masih ada waktu tersisa untuk dapat kumpul bersama, dari sabang hinga merauke. Seribu satu cerita dlm seminggu, meninggalkan kenangan yg mengesankan selain pembelajaran yg didapat.
    Terimakasih untuk saudara saudara ku…keep in touch selalu…

  3. Memang bagaikan tetesan embun yg terus dan tak ada ujungnya.. Begitulah cerita di cikarang ini.. Banyak kenangan dan banyak pengalaman.. Thx for all..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s