Enterpreneurship

Apa itu Cryptocurrency ?

Kali ini saya mau membahas tentang informasi yang sedang hangat yang lagi Booming yaitu Crypto Currency. Mungkin sobat masih ada yang belum tahu apa itu Crypto Currency, biar saya coba jelaskan ya ….

Crypto atau dalam bahasa indonesianya Kriptografi, merupakan keahlian atau cara untuk mengamankan suatu informasi terhadap pihak ketiga. Istilah lainnya yaitu Enkripsi. Jadi dengan adanya kriptografi, pengiriman pesan/informasi dapat dilakukan secara aman tanpa adanya gangguan dari pihak ketiga yaitudengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa  pengetahuan khusus. Yang dimaksud pihak ketiga ini yaitu hacker, penyadap dan sebagainya.

Currency atau Mata Uang, yaitu alat pertukaran yang berlaku dimasyarakat atau disuatu negara, atau istilah indonesianya Duit hehe. Ada berbagai macam mata uang pada zaman dahulu. Lebih lanjut sobat dapat mengunjungi Wikipedia .

Apa Itu Crypto Currency ? 

Crypto Currency yaitu mata uang virtual yang digunakan sebagai mata uang alternatif yang  bersifat desentralisasi. Artinya tidak ada satupun pihak yang mengatur baik dari pemerintah atau si pencetus Crypto Currency itu sendiri. Oleh karena itu nilai Crypto Currency tidak dapat dipengaruhi jika terjadi inflasi yang di sebabkan oleh bank central. Nilai Crypto Currency di tentukan oleh peminat, penawaran dan permintaan di pasar, seperti halnya dengan emas ataupun logam mulia lainnya.

Crypto Currency dikelola oleh jaringan teknologi peer-to-peer yang pelaksanaannya tergantung pada prinsip-prinsip kriptografi untuk memvalidasi transaksi dan generasi mata uang itu sendiri. Crypto Currency bisa juga disebut suatu bentuk mata uang yang berdasakan perhitungan atau matematika saja. Berbeda mata uang kertas atau coin logam yang di cetak.

Apa Saja Macam macam Cryptocurrency ? 

Ada beberapa Cryptocurrency yang beredar didunia, antara lain yang paling terkenal yaitu BitCoin, yang harganya saat ini mencapai Rp.105.000.000/Btc.

Ada juga beberapa tandingan BitCoin seperti LiteCoin, PeerCoin, NameCoin dan i yang sedang Booming di Indonesia yaitu E-DinarCoin

Bagaimana Legalitas dari Cryptocurreny ?

Mungkin ini yang menjadi bahan perbincangan banyak orang. Di banyak negara BitCoin adalah legal, meskipun ada beberapa negara (seperti Argentina dan Rusia) yang secara ketat melarang mata uang asing. Negara lain (seperti Thailand) membatasi izin entitas mata uang tertentu seperti pertukaran Bitcoin.

Para pembuat kebijakan dari berbagai negara tengah mengambil langkah untuk menyediakan peraturan bagi individu dan bisnis mengenai bagaimana mengintegrasikan teknologi baru ini dengan peraturan sistem finansial formal. Contohnya, Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN), sebuah biro di Departemen Keuangan Amerika Serikat, menerbitkan panduan lepas mengenai bagaimana pemerintah menangani aktivitas tertentu terkait mata uang virtual.

(Referensi : http://www.bisnisbos.com/2017/01/apa-itu-crypto-currency.html)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s