Artikel Bebas · Keislaman

Semarak Idul Fitri 1439 H / 2018 M

Hari raya Idul fitri merupakan momen yang sangat ditunggu oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia. di hari raya ini umat muslim merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh menjalani ibadah puasa ramadhan. setiap orang yang menjalani ibadah puasa akan kembali suci ibaratkan putihnya kertas yang belum tercoret. Namun yang akan mendapatkan kesucian itu hanyalah orang-orang yang benar-benar dan sungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah puasanya, karena tidak sedikit dari orang-orang yang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kesucian jiwa dan raga tersebut dibutuhkan kerja keras dalam menjalaninya.

Salah satu indikator yang dapat kita lihat untuk menjadi tolak ukur keberhasilan puasa ramadhan mendidik umat muslim adalah adanya perubahan akhlak yang terjadi setelah dijalaninya ibadah puasa ramadhan tersebut. Akhlak yang semula buruk berubah menjadi akhlak baik dan konsisten mempertahankannya sampai dengan setahun mendatang.

Manusia sebagai makhluk tuhan yang tidak luput dari khilaf dan salah hanya dapat berupaya sekuat tenaga untuk menjadikan puasa ramadhan yang telah dilalui menjadi sarana mendidik diri menjadi makhluk tuhan yang lebih baik seraya berharap kepada Allah SWT agar dapat dipertemukan kembali dengan ramadhan di tahun yang akan datang.

Rutinitas mudik ke kampung halaman masih dijadikan hal wajib yang dilakukan oleh perantau yang jauh dari kampung halaman. Mudik ke kampung halaman menjadi ajang silaturahmi dan ajang untuk melepas kerinduan dengan sanak keluarga yang terpisah dan lama tidak bertemu. Namun tidak sedikit pula kebiasaan mudik saat lebaran menjadi beban tersendiri bagi para perantau, karena mudik mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan ditambah lagi pengeluaran-pengeluaran lain saat berada di kampung halaman. Tapi walaupun demikian, aktifitas mudik masih rutin dilakukan oleh sebagian besar perantau.

Momen Idul Fitri juga sering dijadikan ajang silaturahmi dan mempererat silaturahmi dengan teman-teman semasa sekolah, SD, SMP, SMA maupun Kuliah. walaupun sebagian kecil masih ada yang menghindari untuk ikut dalam temu reuni ini karena ketidak percayaan dirinya karena keadaannya yang tidak lebih baik dari teman-teman lainnya.

Pada akhirnya, kita hanya dapat berharap semoga dengan semarak idul fitri ini dapat membentuk diri kita menjadi pribadi yang lebih baik, dan dapat pererat tali silaturahmi dan kekeluargaan antar sesama, sebangsa dan setanah air.

Selamat Idul Fitri 1439 H

Pematang Reba, Senin, 18 Juni 2018 / 3 Syawal 1439 H

Inhul Hadi, SE, M.Si

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s