Sekilas Tentang Aku

Aku dilahirkan di Kota Rengat Kabupaten Indragiri Hulu pada tanggal 11 Januari 1982 di Rumah Tinggi (saat ini menjadi gedung museum) yang pada saat itu dijadikan asrama tempat tinggal Pegawai Negeri Sipil, karena ayahku seorang PNS di Departemen Penerangan (sebelum dipadamkan apinya oleh Gus Dur..hehehe..).

aku dilahirkan dari seorang ayah yang bernama H. LASMI ISMAIL dan seorang ibu YUSNIAR (almh) yang berasal dari Desa Simandolak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi.  aku adalah anak ke 3 dari 6 bersaudara (3 laki-laki dan 3 perempuan).

masa-masa kecilku aku lalui dengan penuh kegembiraan sebagaimana layaknya anak-anak yang lain, walaupun sebenarnya dari sisi ekonomi kami bukan tergolong  dari keluarga yang mampu. tapi dengan penghasilan kedua orang tuaku sebagai PNS telah mampu menyekolahkan kami. dari 6 bersaudara 5 orang anak-anaknya telah Sarjana, hanya kakak yang tertua yang hanya tamatan SMK, karena ia keburu bekerja dan saat ini telah diangkat sebagai PNS pula.

aku menempuh pendidikan Sekolah Dasar di Kota Rengat, tepatnya di SDN 009 Kampung Dagang pada tahun 1987 s/d 1993, dan melanjutkan pendidikan menengah pertama di Pesantren Madinatun Najah Rengat pada tahun 1993 s/d 1996. setelah itu aku melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Rengat yang terletak di Desa Pekan Heran, di sana aku tinggal di rumah pamanku RUSDI ISMAIL yang berprofesi sebagai guru di MTs Negeri Pekan Heran. Karena alasan jarak tempuh yang cukup jauh, pada tahun 1997 aku pindah ke SMUN 3 Rengat yang terletak di Pematang Reba. Pada tahun 1999 aku lulus dari SMUN 3 Rengat, dan alhamdulilah aku menjadi lulusan terbaik di sekolah kala itu.

Setamat SMA aku mendapatkan surat panggilan untuk mengikuti pendidikan di sebuah lembaga pendidikan dan latihan (LPK) setara D-I, yaitu LPK J****do Yogyakarta, pada waktu itu aku lihat di brosur dan undangannya adalah sebuah lembaga yang cukup bonafide, dan dijanjikan kerja setamat kuliah.

Aku beserta dua orang temanku berangkat ke Yogyakarta dan bermaksud untuk kuliah di LPK tersebut. sesampainya di sana, alangkah terkejutnya kami bahwa LPK tersebut tidak seperti yang tertera di brosur dan seperti apa yang kami bayangkan. Tapi apalah daya, kami tetap mendaftar disana dan difasilitasi oleh pihak LPK tersebut untuk dicarikan tempat kost. sesampainya di kost, teman-teman kost-an yang rata-rata adalah mahasiswa LPK tersebut memberikan masukan dan saran. Mereka menceritakan bagaimana perkuliahan di LPK tersebut dan di Yogyakarta pada umumnya. sehingga pada akhirnya kami mengurungkan niat untuk mengikuti perkuliahan di LPK tersebut.

Dengan kondisi tersebut, akhirnya aku sampaikan niat hati kepada kedua orang tuaku untuk membatalkan mengikuti perkuliahan di LPK tersebut dan ingin mendaftar di universitas saja. Namun ibuku mengatakan apabila ingin kuliah di pekanbaru sajalah dan juga mengingat kondisi ekonomi yang cukup sulit maka sebaiknya ditunda saja. namun ayahku masih mengizinkan aku untuk kuliah di Yogyakarta karena sudah kepalang tanggung ada di Yogyakarta. Akhirnya aku mendaftar di salahsatu universitas swasta  milik Yayasan Muhammadiyah yaitu UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA, aku mendaftar di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi melalui jalur PBUD (pemilihan bibit unggul daerah), mekanismenya hanya meihat dari nilai beberapa mata pelajaran di STTB dan Rapor-ku, dan aku lulus tanpa tes dan diberikan keringanan biaya, kalau tidak salah hanya membayar Rp. 800.000,- pada saat pendaftaran.

Aku berusaha agar biaya selama perkuliahan dapat ditekan seminim mungkin, baik dari biaya kost maupun biaya makan, sehingga orangtua tidak kesulitan dalam mengkuliahkan aku. Melalui temanku, akhirnya aku menemukan sebuah asrama khusus mahasiswa asal Riau di Yogyakarta. aku dan temanku mendatangi asrama tersebut dan menemui  pengurusnya dan mengutarakan maksud kami untuk tinggal di Asrama tersebut.

Pada awal-awal masa tinggal di asrama, menurut peraturan harus tinggal di barak khusus mahasiswa baru. pada saat itu terdapat lebih kurang 20-an mahasiswa baru yang tinggal di barak tersebut. namun aku merasakan kekeluargaan dan rasa senasib sepenanggungan bersama teman-teman selama di asrama tersebut.

singkat cerita..pada tahun 2003 aku menyelesaikan masa studiku di Universitas Ahmad Dahlan, dan alhamdulilah aku menjadi lulusan yang terbaik di fakultas ku..yaitu sebagai lulusan termuda dan meraih predikat cumlaude dengan IPK 3,7 dengan masa studi 3, 7 tahun.

setelah lulus, kebetulan di kampusku membuka lowongan pekerjaan sebanyak 3 orang sebagai Dosen/tenaga pengajar. untuk mengadu nasib aku mencoba-coba untuk melamar dan bersaing dengan pendaftar lain yang berasal dari berbagai universitas ternama di Yogyakarta, seperti  UGM, UII, STIE YKPN, dll. setelah melalui berbagai tahapan seleksi, akhirnya aku diterima sebagai dosen di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tersebut, namun sesuai dengan aturan penerimaan dosen pada kampus tersebut pada dua tahun pertama masih berstatus sebagai calon dosen tetap yang bergaji 80% dari dosen tetap, atau diistilahkan masih di kontrak selam 2 tahun. akhirnya aku menjalani profesiku sebagai tenaga pengajar di kampus universitas Ahmad Dahlan yang juga merupakan almamaterku..

Pada lebaran Idul Fitri tahun 2004 aku mudik lebaran ke kampung halamanku, kebetulan saat itu di Inhu sedang digelar penerimanan Calon Pegawai Negeri Sipil. Kedua orangtuaku menyarankan aku untuk mengikutinya.. untuk tidak mengecilkan hati kedua orangtuaku akhirnya aku mendaftar dan mengikuti ujian tes CPNS dan setelah itu aku kembali lagi ke Yogyakarta menjalani profesiku.

pada bulan November 2004 diumumkanlah hasil seleksi CPNS, dan dikabarkan oleh ayahku bahwa aku lulus menjadi CPNS, hanya 3 orang yang lulus dari lebih kurang 500an pendaftar. dengan rasa penuh keragu-raguan dan kebimbangan, mana yang harus aku pilih menjadi PNS ataukah tetap di Yogyakarta mengabdi menjadi Dosen, pada saat itu aku sedang persiapan untuk melanjutkan S-2 di Malaysia yang dibiayai oleh kampus.

Namun dengan berbagai pertimbangan yang matang akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke kampung halamanku dan mengabdi sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. pada awal pengangkatan aku ditempatkan di daerah terisolir yaitu di Kecamatan Rakit Kulim sebagai Staf di Kantor Camat Rakit Kulim. Daerah tersebut ditempuh selama lebih kurang 1 jam perjalanan dengan medan jalan yang licin dan berlumpur. aku bertugas di daerah tersebut selama lebih kurang 2 tahun sampai aku ditetapkan sebagai Pegawai Negeri Sipil 100%.

Pada Tahun 2005 aku menikah dengan seorang gadis “ITA ELVINA, S.Pd.I” yang sudah “dekat” selama satu tahun. walaupun harus dengan sedikit “perjuangan “, namun  akhirnya kami dapat bersama dan saat ini kami telah di Karuniai 2 orang putri yaitu Hazimah Fadiyah Elhadi (7 tahun), Syakila Nurrohma Elhadi (5 tahun), dan satu orang putra yaitu Muhammad Luthfi Elhadi (2,6 tahun,), dan saat ini istriku sedang hamil anak ke empat kami dengan usia kandungan 6 bulan.

Pada tahun 2007 akhirnya aku di Mutasi ke Kelurahan Pematang Reba sebagai Kasi Trantib, selama 1 (satu) tahun menjabat sebagai kasi trantib, pada tahun 2009 aku diangkat menjadi Sekretaris Lurah Pematang Reba dan di Plt-kan sebagai Lurah Pematang Reba, dan pada tahun 2010 aku di defenitifkan menjabat sebagai Lurah di Pematang Reba. pada tahun 2010 akupun menyelesaikan pendidikan pasca sarjanaku (S-2) di Program Studi Ilmu Pemerintahan UIR Pekanbaru.

selanjutnya sebagaimana biasa yang terjadi di pemerintahan apabila berganti pemimpin di level tertentu maka pergantian pejabat -pun tidak dapat dihindarkan,  maka pada tahun 2012 aku dimutasi ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hulu  sebagai Kasubbag Keuangan, Umum, dan Logistik. posisi tersebut masih aku jalani sampai saat tulisan ini ku buat.

Bertugas di KPU Kabupaten Indragiri Hulu,  aku mendapatkan kenikmatan tersendiri karena banyak pengetahuan baru yang aku peroleh, ditambah suasana kerja yang nyaman dan rekan kerja yang bersahabat. sekarang kami lagi sibuk persiapan Pilgubri 2013 putaran kedua, dan Pileg 2014… sibuk terus euy tiap hari…asyiiik.

Sekian..

Pematang Reba, 20 Oktober 2013

2 respons untuk ‘Sekilas Tentang Aku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s